Minggu, 18 Desember 2016

Kontes Kecantikan Anak-Anak Yang Tak Pantas

Beauty Pageant atau kontes kecantikan adalah ajang yang sering dianggap menjadi acuan tipikal wanita ideal dengan kecantikan, kelakuan dan kepintaran yang sempurna. Pada umumnya memang kontes kecantikan mementingkan tiga komponen utama seperti brain, beauty, behavior untuk menyeleksi para pesertanya. Mulai dari kontes kecantikan kelas kelurahan hingga yang kelas internasional seperti Miss Universe atau Miss World hampir seluruhnya memakai kriteria tersebut.

Namun tak hanya para wanita saja yang memiliki ajang kecantikan, para pria bahkan anak-anak ternyata juga memiliki “beauty pageant”! Nah, diantara sederet kontes kecantikan yang ada saat ini ternyata terselip pro dan kontra. Apalagi yang berhubungan dengan anak-anak, banyak sekali kontes kecantikan yang dianggap tak pantas dan tak cocok untuk diikuti gadis-gadis cilik tersebut. Sahabatanehdidunia.com berikut adalah kontes kecantikan anak-anak yang tak pantas versi anehdidunia.com.

Miss Glitz Sparkle

 

Kontes kecantikan  yang diadakan di negara Inggris ini memang sepertinya tak pantas untuk dijadikan kontes anak-anak! Bagaimana tidak? peserta yang ikut kebanyakan dari rentang usia 2 tahunan ini wajib berdandan bak wanita dewasa seperti memakai semprotan tan (untuk membuat kulit berwarna coklat), hair extention dan make-up menor. Tak itu saja, terkadang mereka tampak memakai wig rambut warna-warni dan menari-nari di atas panggung. Bahkan di kontes kecantikan Miss Glitz Sparkle ini, anak-anak tersebut juga ada sesi memakai baju renang yang termasuk dalam kriteria penilaian. Para orang tua yang mengikutkan anak perempuan mereka beralasan bahwa keikutsertaannya dalam kontes Miss Glitz Sparkle ini atas keinginan anaknya sendiri. Ironisnya Sahabat anehdidunia.com, apa terdengar masuk akal anak-anak perempuan tersebut meminta orang tuanya untuk memasangkan bulu mata palsu di daerah matanya?

 

Negara-negara yang ada di wilayah Amerika Selatan memang terkenal dengan kecantikan “gadis kontes”nya. Terbukti dengan kemenangan-kemenangan mereka di berbagai kontes kecantikan seperti Miss Universe dan Miss World. Ternyata tak hanya wanita-wanita dewasa saja yang beraksi di atas panggung kontes kecantikan. Miss Tanguita adalah kontes kecantikan dari Kolombia yang diselenggarakan untuk anak perempuan rentang usia 6 hingga 10 tahun. Mirisnya, kontes ini menuai kecaman dari banyak orang yang menilai bahwa acara ini lebih mirip dengan eksploitasi tubuh anak ketimbang kontes kecantikan. Sahabat anehdidunia.com para peserta berdandan dengan memakai berbagai macam model bikini serta berlenggak-lenggok di atas catwalk dengan berbagai pose layaknya seperti model dewasa. Meskipun kontes ini mendapat dukungan dari walikota daerah Barbosa yakni Maryury Rocio Jimenez Galeano dengan alibi bahwa tak ada paksaan untuk orangtua mengikutsertakan anaknya dalam kontes ini, namun sebagian besar publik menilai kontes kecantikan Miss Tanguita tak pantas diikuti anak-anak. 

Artikel Terkait